Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyimpan File Menjadi PDF Dengan password Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc

Menambahkan Password Kedalam File PDF Office Calc - Seperti yang sudah saya sebutkan dalam artikel sebelumnya bahwa format PDF sangat sering digunakan dalam berbagai macam keperluan.

Misalnya lampiran atau attachment dalam sebuah Email karena ukuran file PDF jauh lebih kecil dibandingkan dengan format lainnya.

Untuk kepentingan dan kebutuhan penggunanya OpenOffice dan LibreOffice Calc sudah menambahkan menu untuk menyimpan filenya dalam bentuk PDF.

Selain itu perlu juga kita ketahui bahwa kita bisa menambahkan password kedalam file PDF yang kita simpan dari Office Calc tersebut.

Bagaimana caranya ?

Untuk cara menambahkan password tersebut kita akan bahas bersama - sama dalam artikel ini.


Menambahkan Password Kedalam File PDF Office Calc


Seperti yang kita ketahui bahwa untuk menyimpan file OpenOffice dan LibreOffice Calc kedalam format PDF ada tiga cara yang bisa kita lakukan.

Cara pertama kita gunakan menu Export as PDF yang ada pada menu Bar Office Calc.

Cara yang kedua menggunakan menu Export yang ada dalam Tab File.

Sedangkan cara yang ketiga menggunakan menu Export as PDF yang ada pada Tab File.

Dari ketiga cara tersebut hanya ada satu cara yang dapat menambahkan password yaitu cara yang ketiga.

Dalam cara yang ketiga ini kita akan masukan password melalui kotak dialog PDF Options.

Save as PDF Password Office Calc


Seperti yang terlihat dalam gambarvdiatas bahwa ada beberapa Tab didalam kotak dialog PDF Options.

Jika kita menggunakan LibreOffice Calc maka jumlah Tab yang akan muncul adlah 6 yaitu sebagai berikut :

  • General 
  • Initial view 
  • User Interface 
  • Links 
  • Security  
  • Digital Signature 

Sedangkan untik pengguna OpenOffice sedikit berbeda jumlah Tabnya yaitu hanya ada 5 saja.

Perbedaannya adalah pada OpenOffice Calc tidak ada Tab yang terakhir yaitu Digital Signature.

Dari Tab diatas tentu kita sudah bisa menebak yaitu untuk memasukan password kita akan gunakan Tab Security.

Adapun langkah - langkah menyimpan file Office Calc kedalam format PDF dengan menambahkan password adalah sebagai berikut :

  1. Klik menu File
  2. Klik Export as PDF dan selanjutnya akan muncilmkotak dialog PDF Options
  3. Dalam kotak dialog PDF Otions klik Tab Security
  4. Dalam Tab Security klik tombol Set Passwords dan selanjutnya akan muncul kotak dialog Set passwords
  5. Dalam kotak dialog Set Password silahkan masukan Password kedalam kotak Password kelompok Set Open Password
  6. Ketik ulang password didalam kotak Confirm
  7. Klik OK dan kotak dialog Set Passwors akan hilang sedangkan kotak dialog PDF Options akan muncul kembali
  8. Klik Export dan selanjutnya akan muncil kotak dialog Export
  9. Dalam kotakk dialog Export twntukan alamat penyimpanan file melalui kotak Save in :
  10. Masih dalam kotak dialog Export, tentukan nama file yang akan digunakan dalam kotak File Name :
  11. Klik Save

Sampai dengan langkah ini file PDF yang disertai dengan proteksi berupa password sudah selesai dibuat.

Untuk mencobanya silahkan buka dokumen tersebut dan saya jamin akan muncul password sebelum di file PDF tersebut dibuka.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang menambahkan passwors kedalam file Pdf dalam office Calc dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Menyimpan File Menjadi PDF Dengan password Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc"