Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Rumus ROW Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc

Rumus ROW Dalam Office Calc - Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc rumus ROW ini ada dalam kategori Spreadsheet.

Secara umum rumus ROW dalam Office Calc ini dapat digunakan untuk menampilkan posisi baris dalam sebuah sheet Office Calc.

Hasil dari rumus ROW ini berbentuk angka bilangan positif yang mewakili posisi dari baris tersebut.

Misalnya baris yang kita jadikan referensi adalah A1 maka hasil dari rumus ROW ini adalah angka 1.

Angka 1 ini akan mewakili cell A1 bahwa cell tersebut dalam sheet berada pada posisi baris ke-1.

Selain membahas tentang rumus ROW dalam Office Calc kita juga akan mencoba untuk melihat apa perbedaan rumus ROW dengan rumus ROWS.

Jika dilihat sepintas kedua rumus tersebut memiliki nama yang hampir sama dan apakah perbedaan dari kedua rumus tersebut ?

Untuk membahas tentang perbedaan kedua rumus ini mari kita bahas dalam artikel ini sampai dengan selesai.

Cara Menggunakan Rumus ROW Dalam Office Calc


Seeprti yang disebutkan diatas bahwa rumus ROW dalam Office Calc dapat digunakan untuk menampilkan posisi baris dalam sebuah sheet Office Calc.

Lalu apa fungsi dari rumus ROWS ?

Rumus ROWS ini akan menghitung jumlah baris dari range yang dimasukan kedalam referensi.


Baca Juga : Cara Menggunakan Rumus ROWS Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc


Jadi, dari fungsinya sudah jelas bahwa rumus ROW untuk memperlihatkan posisi baris sedangkan rumus ROWS berfungsi untuk menghitung jumlah baris.

Hasil dari kedua rumus tersebut sama - sama berupa angka bilangan positif tetapi fungsinya berbeda - beda.

Pada rumus ROW angka bilangan positif tersebut mewakili posisi ari barisnya sedangkan pada rumus ROWS angka tersebut mewakili jumlah baris yang dimasukan kedalam referensinya.

Misalnya referensi yang kita masukan kedalam rumus ROW dan ROWS adalah cell A1 sampai dengan A2.

Maka hasil dari rumus ROWS tentu adalah 2 dan ini mewakili jumlah dari kedua cell dalam referensi tersebut.

Sedangkan dengan rumus ROW hasil dari kedua cell tersebut adalah 1 karena rumus ROW hanya akan mendeteksi 1 baris saja meskipun yang dimasukan terdiri dari beberapa baris.

Sampai dengan penjelasan ini semoga kita sudah bisa membedakan rumus ROW dan ROWS dalam Office Calc.

Selanjutnya mari kita membahas tentang argumen serta cara penggunaan rumus ROW dalam Office Calc.


Syntax dan Argumen Rumus ROW dalam Office Calc


Untuk argumen pada rumus ROW ini sebenarnya tidak mutlak harus diisi atau bisa juga dikosongkan.

Adapyn syntax dari rumus ROW dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc adalah sebagai berikut :


=ROW(reference)


  • reference : cell yang akan dilihat posisinya

Jika argumen reference tersebut dikosongkan maka Office Calc akan menghitung posisi baris dari cell tempat rumus tersebut dituliskan.


Contoh Menggunakan Rumus ROW Dalam Office Calc


Selanjutnya mari kita lihat contoh penggunaan rumus ROW dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


rumus row dalam openoffice dan libreoffice calc


Dalam gambar diatas saya membuat empat bauh contoh dengan posisi baris yang tentu saja berbeda - beda.

Contoh yang pertama, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :


=ROW(A1)


Rumus ini akan menentukan posisi dari cell A1 yang dimasukan kedalam argumen dan hasilnya adalah 1 karena cell ini memang berada pada baris pertama.

Contoh yang kedua, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :


=ROW()


Rumus ini akan menghitung posisi dari baris tempat rumus tersebut dituliskan yaitu cell C5 dan hasilnya adalah 5.

Contoh yang ketiga, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :


=ROW(E1)


Rumus ini akan menghitung posisi dari baris E1 dan hasilnya adalah 1 karena posisi dari cell A1 berada pada baris pertama.

Contoh yang terkahir, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :


=ROW(D5:D7)


Rumus ini akan menghitung atau menentukan posisi baris dari cell D5 sampai dengan D7.

Hasil dari rumus tersebut diatas adalah 5 karena rumus ROW tidak bisa menentukan posisi baris lebih dari 1 dan jika lebih dari 1 maka hasil yang akan muncul adalah cell yang pertama yaitu D5.

Dari keempat contoh diatas dapat dilihat bahwa sangat mudah menggunakan rumus ROW dalam Office Calc ini.

Itulah pembahasan kita tentang cara menggunakan rumus ROW dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Rumus ROW Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc"