Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Rumus ROWS Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc

Rumus ROWS dalam Office Calc - Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc rumus ROWS ini ada dalam kategori Spreadsheet.

Rumus ROWS dalam Office Calc dapat digunakan untuk menghitung jumlah baris yang dimasukan kedalam referensi.

Hasil dari rumus ROWS dalam Office Calc ini akan berbentuk angka bilangan positif yang tentu saja angka tersebut mewakili jumlah cell yang kita hitung.

Dalam artikel sebelumnya ita juga sudah membahas tentang salah satu rumus yang cukup mirip dengan ROWS yaitu ROW.

Dalam artikel ini kita akan mencoba melihat dan membandingkan apa perbedaan rumus ROWS dan rumus ROW tersebut.

Tetapi selain itu yang paling utama dalam artikel ini kita akan membahas juga tentang syntax, argumen dan contoh rumus ROWS dalam Office Calc.

Rumus ROWS Dalam Office Calc


Seperti yang disebutkan diatas bahwa rumus ROWS dapat digunakan untuk menghitung jumlah cell yang dimasukan kedalam referensi.

Sedangkan rumus ROW dalam Office Calc dapat digunakan untuk melihat posisi dari baris yang dimasukan kedalam referensi.

Misalnya dalam argumen kedua rumus tersebut kita masukan cell A1 sampai dengan A4.

Maka hasil untuk rumus ROWS adalah 4 karena rumus ini akan menghitung berapa jumlah baris yang dimasukan ke referensi.

Sedangkan dengan rumus ROW maka hasil dari rumus tersebut adalah 1 karena rumus ROW hanya akan melihat cell yang dimasukan kedalam referensi ini ada pada baris yang keberapa.

Untuk pembahasan tentang cara menggunakan rumus ROW silahkan pelajari dalam artikel sebelumnya.

Selanjutnya mari kita bahas syntax, argumen serta contoh penggunaan dari rumus ROWS dalam Office Calc.


Syntax Dasar dan Argumen Rumus ROWS


Berbeda dengan rumus ROW, dalam rumus ROWS ini argumen bersifat wajib untuk diisi atau tidak boleh dikosongkan.

Adapun syntax dari rumus ROWS dalam Office Calc adalah sebagai berikut :


=ROWS(array)


  • array : cell atau baris yang akan dihitung jumlahnya

Untuk pengisian argumen array ini bisa dengan beberapa cell mapun hanya 1 cell saja.


Contoh Menggunakan Rumus ROWS Dalam Office Calc


Setelah mengetahui argumen serta syntax dasar dari rumus ROWS dalam Office Calc selanjutnya mari kita lihat contoh penggunaannya.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :

rumus rows dalam openoffice dan libreoffice calc


Dalam gambar tersebut diatas saya membuat tiga buah contoh penggunaan rumus ROWS dalam Office Calc.

Contoh yang pertama, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :


=ROWS(A1)


Hasil dari rumus tersebut seperti yang terlihat dalam gambar diatas adalah 1 karena memang cell yang dimasukan ke referensi juga hanya satu.

Contoh yang kedua, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :


=ROWS(D1:D8)


Hasil dari rumus tersebut adalah 8 karena jumlah cell yang dimasukan kedalam argumen dari rumus tersebut ada 8.

Contoh yang ketiga, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :


=ROWS(D1:F1)


Hasilnya seperti yang terlihat dalam gambar diatas yaitu 1, kenapa hasilnya bukan 3 ?

Karena rumus ROWS ini hanya menghitung baris saja atau bukan dengan kolomnya sehingga cell yang dimasukan tersebut hanya dihitung D1 saja.

Dari contoh diatas sebenarnya dpat dilihat bahwa cukup mudah rumus ROWS dalam Office Calc ini digunakan dan yang terpenting adalah kita mengetahui fungsi dari rumus ini.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menggunakan rumus ROWS dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.  

Post a Comment for "Cara Menggunakan Rumus ROWS Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc"