Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Aplikasi OpenOffice.org Dengan Microsoft Office Excel

Perbedaan OpenOffice dengan Microsoft Office - Untuk kita yang sudah sering melakukan pengolahan data dalam komputer tentu saja tidak akan asing lagi dengan aplikasi yang namanny Microsoft Excel.

Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk pengolahan angka atau spreadsheet yang dikeluarkan oleh Microsoft.

Microsoft Excel tersebut tergabung bersama dengan aplikasi lainnya dalam Microsoft Office.


perbedaan openoffice dengan microsoft office


Sebagian besar dari pengguna Microsoft Excel ini kemungkinan pernah mendengar atau mengetahui bahkan pernah menggunakan aplikasi yang bernama OpenOffice.

OpenOffice ini secara umum hampir sama dengan Microsoft Excel bahkan beberapa aplikasi didalamnyapun hampir dikatakan sangat mirip.

Sebagai pembanding, OpenOffice ini mengeluarkan sebuah aplikasi untuk pengolahan angka atau spreadsheet yang mirip dengan Excel yaitu OpenOffice Calc.

Kesamaan dari OpenOffice Calc dan Excel adalah kedua aplikasi ini digunakan untuk pengolahan angka dengan bantuan beberapa rumus untuk mempercepat proses pengolahan data tersebut.

Perbedaan dan Aplikasi Yang Dimiliki Oleh OpenOffice dan Microsoft Office


Seperti yang disebutkan diatas bahwa kedua aplikasi ini memiliki unsur yang hampir sama.

Tetapi perlu diketahui juga bahwa secara detail tetap saja banyak perbedaan dari kedua aplikasi tersebut.

Perlu juga saya sampaikan bahwa kedua aplikasi ini sangat nyaman untuk digunakan hanya jikapun ada kesulitan dari cara penggunaan apliaksi ini saya rasa hanya karena kurang terbiasa menggunakannya.

Aplikasi Yang Dimiliki Oleh OpenOffice dan Microsoft Office


Dalam OpenOffice dan Microsoft Office terdapat beberapa aplikasi yang fungsinya sama dalam hal pengolahan data.

Adapun aplikasi - apliaksi tersebut adalah sebagai berikut :


1. Aplikasi pengolahan kata


Dalam Microsoft Office tentu kita mengenal aplikasi yang namanya Microsoft Word, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah kata atau Word Processor.

Sedangkan dalam OpenOffice aplikasi yang digunakan untuk pengolahan kata adalah Writer.


2. Aplikasi pengolah angka


Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet dalam Microsoft adalah Excel seperti yang saya sebutkan diatas.

Sedangkan dalam OpenOffice aplikasi untuk pengolahan angka ini namanya adalah OpenOffice Calc.

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapatkan bahwa beberapa rumus yang digunakan dalam Excel tetap bisa berjalan dengan baik meskipun kita menggunakan OpenOffice Calc.


3. Aplikasi untuk presentasi


Jika kita akan mengolah data yang bertujuan untuk presentasi tentu saja Office telah menyediakan aplikasi yang namanya Power Point.

Tetapi dalam OpenOffice juga tersedia aplikasi untuk pengolahan data dengan tujuan untuk presentasi yaitu OpenOffice Impress.


4. Aplikasi data base


Untuk pengolahan data dalam bentuk database Excel menyediakan aplikasi Microsoft Access sedangkan dalam OpenOffice aplikasi pengolahan database namanya adalah OpenOffice Base.

Secara umum kedua aplikasi pengolahan database ini sama tetapi untuk detailnya pasti berbeda.


5. Aplikasi pengolah teks dan gambar


Dalam Microsoft office kita kenal yang namanya Publisher sedangkan dalam OpenOffice aplikasi ini diberi nama OpenOffice Draw.

Untuk lebih memahami kesamaan dari aplikasi tersebut diatas tentu saja kita harus mencobanya terlebih dahulu.


Perbedaan OpenOffice dengan Microsoft Office



Sebenarnya saya ingin memperkecil area yang dibicarakan bukan perbedaan antara OpenOffice.org dengan Microsoft Office tetapi hanya membedakan OpenOffice Calc dengan Microsoft Excel saja.

Hanya saja ini cukup sulit dan akhirnya saya tetap membahas perbedaan antara OpenOffice dengan Microsoft Office.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa secara umum memang banyak hal kesamaan antara OpenOffice dengan Microsoft Office ini tetapi secara detail penggunaan sangat berbeda.

Adapun perbedaan antara OpenOffice dengan Microsoft Office adalah sebagai berikut :

  1. Openoffice merupakan perangkat lunak yang berbasis Linux tetapi memang bisa juga digunakan dalam Windows sedangkan Excel memang aplikasi yang berbasis Windows.
  2. OpenOffice bersifat opensource dan ini berbeda dengan Microsoft Office
  3. Peletakan menu utama antara OpenOffice dengan Microsoft Office sangat berbeda
  4. Langkah - langkah serta penggunaan menu sangat berbeda meskipun hasilnya sama
  5. File Microsoft Office bisa dibuka oleh OpenOffice tetapi sebaliknya File OpenOffice tidak bia dibuka oleh Microsoft Office
  6. Dalam Office terdapat tab Developer yang digunakan untuk menuliskan kode dalam bentuk VBA sedangkan dalam OpenOffice tab ini tidak bisa ditemukan atau tidak ada.


Itulah beberapa perbedaan dari OpenOffice dan Microsoft Office versi saya berdasarkan pengalaman setelah menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Jika ada tambahan baik itu perbedaan ataupun kesamaan dari kedua aplikasi ini silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Terakhir, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca dan jika ada yang salah mohon diingatkan supaya tidak memberikan informasi yang salah kedapa semua pembaca artikel ini.  
         

Post a Comment for "Perbedaan Aplikasi OpenOffice.org Dengan Microsoft Office Excel"