Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Rumus AVERAGEA Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc

Rumus AVERAGEA Office Calc - Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc rumus AVERAGEA ada dalam kelompok Fungsi Statistik.

Jika mendengar AVERAGEA rasanya akan sangat familiar dan otomatis akan ingat dengan rumus AVERAGE.

Lalu apa perbedan dari rumus AVERAGE dan AVERAGEA dalam Office Calc ini ?

Tetapi yang dapat kita pastikan adalah kedua rumus tersebut sama - sama digunakan untuk menghitung rata - rata.


Rumus AVERAGE Dalam Office Calc


Secara umum rumus AVERAGEA sapat digunakan untuk mencari nilai rata - rata dari argumen yang berupa angka, nama, array, teks yang merepresentasikan angka atau nilai logika.

Seperti yang kita ketahui bahwa rumus AVERAGE juga digunakan untuk menghitung nilai rata - rata.


Baca Juga : Cara Menggunakan Rumus AVERAGE Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc


Perbedaannya terletak pada nilai referensi atau isi dari range yang akan kita cari rata - ratanya.

Untuk rumus AVERAGE hanya angka saja yang akan dihitung rata - ratanya meskipun dalam deret tersebut terdapat teks.

Sedangkan dalam rumus AVERAGEA semua isi deret angka tetap akan dihitung meskipun ada yang berisi teks atau bukan angka.

Dalam hal ini yang membedakan adalah angka pembagi karena jika ada cell yang berisi teks dalam sebuah deret angka maka cell tersebut tetap akan dihitung oleh rumus AVERAGEA.

Sebelum melihat contoh penggunaannya terlebih dahulu kita akan lihat syntax serta argumen rumus AVERAGEA Office Calc.


Syntax Dasar Rumus AVERAGEA Office Calc


Jika diperhatikan sebenarnya Syntax dari rumus AVERAGEA hampir sama dengan syntax dari rumus AVERAGE.

Adapun syntax dari rumus AVERAGEA adalah sebagai berikut :


=AVERAGEA(value1;value2;...)


  • value1 : deret angka pertama yang akan dihitung rata - ratanya
  • value2;... : deret angka kedua, ketiga dan seterusnya yang akan dihitung rata - ratanya

Untuk isi dari deret angka tidak hanya angka saja yang akan diperhitungkan tetapi tekspun akan ikut diperhitungkan.


Contoh Menggunakan Rumus AVERAGEA Office Calc


Selanjutnya mari kita lihat contoh penggunaan rumus AVERAGEA dalam Office Calc.

Perhatikan gambar berikut ini :


Rumus AVERAGEA Office Calc


Dalam gambar diatas terdapat sebuah deret yang berisi angka dan teks yaitu pada Cell B3 sampai dengan Cell B9.

Rumus AVERAGEA yang kita gunakan untuk menghitung rata - ratanya adalah sebagai berikut :


=AVERAGEA(B3:B9)


Hasil dari rumus tersebut adalah 20,14 seperti yang terlihat dalam gambar diatas.

Sedangkan jika kita gunakan rumus AVERAGE Pada deret diatas maka hasilnya bukan 20,14 melainkan 53,25.

Perbedaan tersebut dikarenakan pada rumus AVERAGE cell yang berisi teks tidak ikut diperhitungkan sebagai angka pembagi.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang rumus AVERAGEA dalam Office Calc dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Rumus AVERAGEA Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc"