Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Rumus COUNTIF Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc

Rumus COUNTIF Office Calc - Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc rumus COUNTIF ini ada dalam kategori Fungsi Statistical.

Rumus COUNTIF ini dapat digunakan untuk menghitung jumlah Cell yang berisi angka dengan 1 kriteria.

Yang akan dihitung dari rumus COUNTIF ini adalah jumlah Cellnya bukan jumlah angka yang ada didalam Cellnya tersebut.

Fungsi tersebut terlihat cukup mirip dengan fungsi dari rumus Office Calc COUNT.

Lalu apa perbedaannya ?


Cara Menggunakan Rumus COUNTIF dalam Office Calc


Perbedaan rumus COUNT dan COUNTIF terletak pada kriteria dari penghitungannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada rumus COUNT tidak bisa menggunakan kriteria.


Baca Juga : Cara Menggunakan Rumus COUNT Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc


Begitupun dengan rumus COUNTIFS perbedaannya dengan rumus COUNTIF ada pada kriterianya.

Pada rumus COUNTIF jumlah kriteria yang dapat digunakan hanya satu saja.

Sedangkan pada rumus COUNTIFS jumlah kriteria yang dapat digunakan bisa lebih dari satu.

Jadi, kesimpulan dari ketiga rumus ini adalah jika penghitungannya tanpa kriteria maka gunakan rumus COUNT.

Jika kriteria penghitungan atau syarat penghitungannya hanya satu saja maka gunakan rumus COUNTIF.

Sedangkan jika syarat penghitungannya terdiri dari dua atau lebih maka silahkangunakan rumus COUNTIFS.


Syntax Dasar dan Argumen Rumus COUNTIF Office Calc


Selanjutnya mari kita lihat syntax serta argumen dari rumus COUNTIF Office Calc.

Adapun suntaxnya adalah sebagai berikut :


=COUNTIF (range;criteria)


  • range : range berisi angka yang akan dihitung jumlahnya
  • criteria : kriteria penghitungan jumlah cell yang berisi angka

Jika isi dari range yang akan dihitung bukan teks maka akan diabaikan penghitungan jumlahnya.

Tetapi jika Cellnya berisi angka 0 ( nol ) maka akan tetap diikutsertakan dalam penghitungan tersebut.


Contoh Menggunakan Rumus  COUNTIF Office Calc


Untuk contoh penggunaan rumus COUNTIF dalam Office Calc silahkan perhatikan gambar berikut ini :




Dalam comtoh tersebut terdapat data absen yang salah satu kolomnya berisi jumlah sakit masing - masing karyawan.

Contoh yang pertama kita akan menghitung jumlah cell atau jumlah karyawan yang sakitnya selama 5 hari.

Adapun rumusnya adalah sebagai berikut :


=COUNTIF(C5:C9;5)


Seperti yang terlihat dlam gambar diatas hasil dari rumus tersebut adalah 1.

Karena memang dalam kolom C jumlah Cell yang berisi angka 5 hanya 1 Cell saja.

Contoh yang kedua kita akan hitung jumlah Cell yang sakitnya lebih dari dua hari.

Adapun rumusnya adalah sebagai berikut :


=COUNTIF(C5:C9;">2")


Hasil dari rumus tersebut dalam contoh yang kedua adalah 2.

Seperti yang terlihat dalam kolom C bahwa jumlah Cell yang isi cellnya lebih dari 2 memang hanya ada 2 saja.

Cukup mudah memang menggunakan rumus COUNTIF dalam Office Calc.

Sebagai catatan, awalnya saya tidak menemukan rumus COUNTIF dalam OpenOffice Calc.

Solusi yang saya lakukan untuk menggunakan rumus COUNTIF ini adalah update versi OpenOffice Calc ke versi yang terbaru dan saat saya membuat artikel ini saya gunakan OpenOffice versi 4.

Dalam OpenOffice versi 4 ini sudah ada atau sudah disertakan rumus COUNTIF yang kita bahas dalam artikel ini.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menggunakan rumus COUNTIF dalam Office Calc dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Rumus COUNTIF Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc"