Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Rumus COLUMNS Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc

Rumus COLUMNS Dalam Office Calc - Rumus COLUMNS dalam Office Calc terdapat pada kategori Spreadsheets.

Rumus COLUMNS ini dapat digunakan untuk menghitung jumlah kolom dari referensi yang dimasukan kedalam argumennya.

Jika dilihat sekilas rumus ini sangat mirip dengan rumus lainnya yaitu rumus COLUMN.

Lalu apa perbedaannya ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas kita akan membahasnya dalam artikel ini.

Selain itu kita juga akan membahas tentang syntax, argumen dan contoh penggunaan rumus COLUMNS dalam Office Calc.


Cara Menggunakan Rumus COLUMNS Dalam Office Calc


Jika dilihat dari fungsinya perbedaan rumus COLUMN dan COLUMNS sepertinya sudah jelas.

Rumus COLUMN akan mendeteksi cell yang dimasukan ada pada posisi kolom keberapa.

Sedangkan rumus COLUMNS akan menghitung jumlah kolom yang dimasukan kedalam referensi.

Misalnya kita masukan cell B1 kedalam argumen kedalam masing - masing rumus tersebut diatas.

Dengan rumus COLUMN hasil dari cell B1 tersebut adalah 2 karena kolom B berada pada urutan kedua dari kolom yang ada pada sheet tersebut.

Sedangkan dengan menggunakan rumus COLUMNS hasil dari cell B2 yang dimasukan kedalam argumennya adalah 1 bukan 2.

Ini dikarenakan rumus COLUMNS akan menghitung jumlah kolom yang dimasukan kedalam referensi.


Baca Juga : Cara Menggunakan Rumus COLUMN Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc


Sampai dengan penjelasan diatas semoga kita sudah bisa membedakan rumus COLUMN dan rumus COLUMNS dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc.


Syntax Dasar dan Argumen Rumus COLUMNS Dalam Office Calc


Rumus COLUMNS dalam Office Calc hanya memiliki satu argumen saja yaitu array.

Adapun syntax rumus COLUMNS adalah sebagai berikut :


=COLUMNS (array)


  • array : referensi yang jumlah kolomnya akan dihitung

Dalam pengisiannya argumen array tersebut tidak boleh dikosongkan atau wajib untuk diisi.


Contoh Menggunakan Rumus COLUMNS Dalam Office Calc

Untuk contoh penggunaan rumus COLUMNS dalam Office Calc ada 3 yang sudah saya buat.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


rumus columns office calc

Dari contoh gambar diatas sudah saya perlihatkan rumus serta hasil dari masing - masing rumusnya.

Contoh yang pertama kita akan menggunakan rumus sebagai berikut :

=COLUMNS(A1)

Hasil dari rumus tersebut diatas adalah 1 karena cell A1 ini berada pada kolom A atau kolom pertama.

Contoh yang kedua kita akan menggunakan rumus sebagai berikut :

=COLUMNS(D1:D8)

Hasil dari rumus tersebut adalah 1 meskipun cell yang dimasukan ada 8 karena kedelapan cell tersebut berada pada kolom yang sama yaitu kolom D.

Contoh yang ketiga kita akan menggunakan rumus sebagai berikut :

=COLUMNS(D1:F1)

Hasil dari rumus tersebut adalah 3 karena cell tersebut berada pada tiga kolom yang berbeda yaitu D, E dan F.

Dari contoh diatas sangat mudah menggunakan rumus COLUMNS dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menggunakan rumus COLUMNS dalam Office Calc dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Rumus COLUMNS Dalam OpenOffice dan LibreOffice Calc"